Tutorial Lengkap Arduino Motor RC Multi Sensor Dengan Lengan Robot + Stik PS


Cara Mudah Membuat Motor RC Menggunakan Arduino

Pada pertemuan kali ini temen - temen akan belajar tentang bagaimana cara membuat sebuah motor RC multi sensor yang dapat berjalan otomatis atau menggunakan kontroller (stik PS), untuk pemula mungkin tutorial ini agak sedikit rumit, namun bisa dijadikan sebagai batu loncatan untuk merangkum sebagian materi pembelajaran mikrokontroller Arduino.

Spesifikasi Motor RC yang ada di dalam project ini adalah sebagai berikut :

1. Memiliki lengan robot servo capit
2. Memiliki sensor Ultrasonic (Obstacle Avoidance)
3. Memiliki sensor line follower
4. 2 channel baterai untuk lengan robot dan motor dc
5. Charge regulator 12 volt
6. Socket Stik PS Analog
7. Stik PS Analog
8. Reset Button lengan robot
9. Charging Button
10. 4 WD
11. Chasis Akrilik
12. 4 Mode Kendali (R1, R2, L1, L2)
13. Setting Auto Pilot
14. Setting Kecepatan Motor

Untuk memulai pembuatan project ini pastikan sudah melengkapi komponen-komponen yang dibutuhkan, karena ketika mengalami kegagaan maka temen-temen akan kehilangan banyak uang, kasihan kan, nah untuk itu harus dipersiapkan secara baik ya temen-temen.



Tutorial Proses Pembuatan Rangkaian Motor RC Multi Sensor

Pada pertemuan kali ini temen-temen tidak akan menjumpai banyak gambar di dalam web ini, melainkan akan menjumpai sebuah video yang sudah saya share melalui akun Google Drive.


Bagaimana Dengan Komponennya?

Semua komponen saya dapatkan melalui market place, jadi temen-temen harus pintar-pintar memilih kualitas barang dan harga yang miring. untuk list komponennya bisa diperhatikan langsung pada video tutorial.

Video Hasil Uji Coba

Berikut ini adalah beberapa file video yang bisa temen-temen tonton untuk melihat hasil uji coba motor RC multi sensor ini, semoga bermanfaat.
Mohon maaf, file sengaja tidak saya taruh langsung disini karena akan membuat loading page melambat, tadi sudah saya coba

Link video bisa dilihat disini 


Terimakasih telah membaca tutorial ini, apabila temen-temen mendapatkan pengalaman baru jangan lupa untuk share ke semua temen kalian ya, semoga sukses selalu, Aaaaamiiin.....

Creator : Farid Amirulloh (UMM)

Post a Comment

0 Comments