Cara Mudah Membuat Sensor Suara Menggunakan Arduino (Arduino Sound Sensor)

www.tutorialiot.com

Sensor Suara

Tutorialiot.com - Sensor suara merupakan sebuah sensor yang dapat mengubah besaran analog berupa suara di sekitar kita menjadi sinyal digital 1 dan 0, dalam prakteknya pada pembelajaran Arduino, sensor ini biasa digunakan sebagai saklar lampu, yakni dengan metode tepukan tangan.

Selain itu sensor suara juga bisa dijadikan sebagai db meter yakni berfungsi untuk mengukur intensitas keras suara, jenis sensor suara yang dipakai untuk mengukur db meter harus memiliki pin output berupa analog yakni antara 0 - 1024, sensor ini biasanya memiliki 4 kaki.

Perhatikan gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya. Sebelah kiri merupakan sensor yang memiliki keluaran analog dan digital, sedangkan yang sebelah kanan hanya mengeluarkan sinyal digital saja. harganya sama saja yakni antara 10rb sampai 25rb, tegantung toko yang menyediakan sensor tersebut



Buat temen-temen yang masih dalam proses pembelajaran awal, mungkin temen-temen bisa mencoba untuk membuat sensornya terlebih dahulu, berikut ini adalah rangkaian sensor suara dengan Arduino, temen-temen bisa langsung mempraktekkannya, tenang aja karena sensornya murah cuma 10 ribuan.




Pada gambar diatas terlihat bahwa disana ada 3 komponen utama, yakni Arduino, sensor suara, dan LED, dalam prakteknya nanti, ketika sensor suara mendapatkan rangsanngan, maka LED akan menyala.

Kode Program Arduino dan Sound Sensor (Sensor Suara)

Berikut ini adalah kode program (koding) sensor suara pada Arduino untuk menghidupkan LED :

int ledPin=13;
int sensorPin=7;
boolean val =0;

void setup(){
  pinMode(ledPin, OUTPUT);
  pinMode(sensorPin, INPUT);
  Serial.begin (9600);
  }

void loop (){
  val =digitalRead(sensorPin);
  Serial.println (val);
  // when the sensor detects a signal above the threshold value, LED flashes
  if (val==HIGH) {
    digitalWrite(ledPin, HIGH);
    }
  else {
    digitalWrite(ledPin, LOW);
    }
  }

Terimakasih sudah membaca tutorial sound sensor di blog Tutorial IoT, semoga menjadi ilmu yang bermanfaaat, apabila ada kesulitan, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya memlalui kolom komentar, sukses selalu ya.

Post a Comment

0 Comments