3 Langkah Mudah Mengatasi Telegram Cuek "No Reply" Pada ESP8266



WAJIB BACA

KLIK DISINI => PROJECT DAN KONSULTASI IOT 


Tutorial IoT - Pada pembahasan kali ini kita akan belajar bagaimana cara mengatasi Telegram yang cuek (bukan cewek cantik yang cuek ya, hehehe). Masalah ini kalian ketahui ketika pesan Telegram yang telah kita kirimkan kepada alat yakni tepatnya modul ESP8266 tidak mendapatkan respon atau pesan balasan kepada kita lagi (No Noftification - No Reply) rasanya sakit tapi tak berdarah karena cuma dicuekin ESP8266 kalau dicuekin cewek jadinya berdarah-darah. Pada pembahasan sebelumnya kita telah belajar beberapa tutorial mengenai Telegram seperti :

3 Langkah Mudah! Tutorial Menghidupkan dan Mematikan Lampu via Telegram
Tutorial IoT - Langkah Mudah Cara Mengendalikan Motor Servo Melalui Telegram
Tutorial Sensor Pir dan ESP8266 : Mengirim Notifikasi ke Telegram Saat Ada Gerakan
5 Langkah: Cara Membuat Notifikasi (Alert System) Kebocoran Gas LPG Via Telegram

Banyak temen-temen yang mengalami kegagalan saat mencoba beberapa tutorial diatas padahal semua kode program sudah benar bahkan tidak ada ERROR sekalipun tapi tetap saja ESP8266 tidak merespon atau membalas pesan kita, karena memang tutorial diatas saya buat menggunakan device ESP32, hehehe...

Setelah 4 tutorial itu menyebar akhirnya banyak temen-temen yang kontak saya untuk mengatasi modul mereka yakni ESP8266 yang tidak memberikan respon atau memberikan pesan balasan kepada akun-akun Telegram Bot yang telah mereka buat.

Singkat kata, memang di dalam 4 artikel diatas saya selalu tuliskan bahwa bisa digunakan untuk ESP32 dan ESP8266, karena memang sebetulnya temen-temen hanya tinggal merubah library WiFi-nya saja, tidak perlu merubah library Telegram (Universal Telegram Bot) yang sudah tersedia.

Tutorial Cara Mengatasi Telegram Yang Tidak Merespon Pesan Kita (No Reply) atau (No Notification)

Cara mengatasinya sangat mudah, cukup 3 langkah saja maka temen-temen bisa langsung mendapatkan notifikasi balasan dari ESP8266 melalui akun Telegram Bot yang telah temen-temen pakai, yup langsung saja simak penjelasannya di bawah ini :

Cara Pertama


1. Langkah pertama, buka aplikasi Arduino IDE yang sudah terinstal di laptop/PC temen-temen, jika belum punya instal sekarang.



2. Langkah kedua, Setelah terbuka pilihlah menu Tools --> Board --> Boards Manager


3. Langkah ketiga, setelah terbuka jendela baru yakni "Boards Manager Arduino" silahkan mengetikkan pada kolom pencarian yakni dengan kata "ESP8266" maka akan muncul board yang telah temen-temen install sebelumnya, jika temen-temen menggunakan versi diatas 2.4.0 atau di bawahnya sudah dapat dipastikan Library Universal Telegram Bot tidak dapat bekerja dengan baik, mungkin saat ini temen-temen ada yang menggunakan versi (2.5.1) atau (2.5.0) atau yg lainnya, silahkan ubah pada versi 2.4.0 dan tekan tombol "Install" perhatikan gambar di bawah ini.



Cara Kedua

Ikuti step pertama hingga ke 3 seperti di bawah ini
  1. Install Board ESP8266 versi 2.5.0
  2. Tambahkan Library ArduinoJson versi 5.13.5
  3. Tambahkan Library Universal Telegram Bot
Cara ini berlaku jika sebelumnya teman – teman sudah berhasil, menjalankan proyek atau sudah berhasil bisa saling mengirim dan menerima pesan dengan kontroler (Telegram BOT). Jika baru memulai proyek silahkan dicoba.

Tambahkan di dalam fungsi WiFi, tepat dibawah perintah while

client.setInsecure();

Perhatikan gambar di bawah ini



Sebelum melakukan beberapa langkah di atas, pastikan temen-temen sudah terhubung ke jaringan internet, jika tidak ada jaringan internet bisa beli paketan atau cari wifi gratis di warung sebelah, hehehe.

Apablia temen-temen sudah menerapkan langkah-langkah di atas, silahkan mengupload kembali kode program yang temen-temen pakai sebelumnya, jadi jangan hanya di downgrade atau upgrade versi ESP8266 saja, tapi temen-temen WAJIB "REUPLOAD" kode program kedalam board ESP8266.

Terimakasih sudah membaca artikel di Tutorial IoT "3 Langkah Mudah Mengatasi Telegram Cuek "No Reply" Pada ESP8266" semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan temen-temen, selamat mencoba dan salam sukses

Jangan lupa untuk share artikel ini ya ke temen-temen yang membutuhkan...

Post a Comment

12 Comments

  1. Bot saya kira kira butuh waktu 30 detik untuk membalas , apakah itu normal gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Normal gan dr pada kagak d bales sakit :v

      Delete
    2. Hehe lucu tp tidak membantu :D

      Delete
    3. harus dipastikan, apakah ada delay di dalam void loop ? apa koneksi internet sudah benar2 lancar?, trus apa penulisan kondisi "IF" sudah benar?

      Delete
  2. mas punyaku kog tetep nggk mau ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa versinya sudah terinstall dg benar? Coba cek kembali dan laporkan lg kesini

      Delete
  3. Mas saya sudah coba tapi tetap masih ndk bisa ..

    ReplyDelete
  4. pagi gan, saya punya masalah bot telegram cuek, tapi gak semua user ngalamin begitu. Saya bikin bot pake manybot. jadi ceritanya ada salah satu user pake bot saya terus hang, no repy, awalnya karena pas harus jawab pertanyaan dia cancel. nah jadi "cuek" deh bot saya di user tsb. di User yang lainnya no problem. mohon pencerahannya gan

    ReplyDelete
  5. board saya tidak ada balasan ni gan. tolong bantu lah thanks.

    ReplyDelete
  6. Pagi gan, saya latihan cara mengirim pesan telegram ke node mcu tapi ngak ada respon sama sekali bisa bantu gan terima kasih

    ReplyDelete